Pemasaran : Harjasari, Jl. Rulita II RT 03 RW 02, Kecamatan Bogor Selatan - Kota Bogor wa: 0817-0711-072, 0878-2521-0791

SMARTER

Mimpi besar insya Allah dapat terwujud bila memenuhi konsep SMARTER

Beberapa orang menganggap bahwa smart disamakan dengan istilah KPI (Key Performance Indicators). Singkatan smart pertama kali digunakan oleh George T. Doran dalam Management Review edisi November 1981. Menyusun Target yang Smart

Paul J. Meyer menjabarkan dalam bukunya yang berjudul, Attitude is Everything. Dibawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai karakteristik S.M.A.R.T dalam menetapkan target,yaitu :

Specific, adalah sasaran pribadi Anda yang harus jelas. Sulit untuk mengambil langkah-langkah praktis apabila tujuan Anda tidak jelas. Guna menetapkan tujuan yang spesifik, anda harus meyampaikan kepada tim apa yang diharapkan dan diinginkan.

Pertanyaan ini harus spesifik. Misalnya, apa yang ingin dicapai, siapa saja yang terlibat, dan sebagainya. Biasanya, sesuatu yang spesifik akan menjawab menjawab pertanyaan yang meliputi 5w=1h.

Baca juga : Berpikir Kreatif

Measurable, menekankan pada pentingnya kriteria yang digunakan untuk mengukur besarnya kemajuan yang dibuat dalam mencapai target. Filosofi yang melatar-belakangi poin ini yaitu “Jika target tidak dapat diukur, mustahil untuk mengetahui apakah anda telah membuat kemajuan dalam mencapai tujuan akhirnya”.

Mengukur kemajuan akan membantu tim untuk tetap berada dalam jalur yang benar, menepati tenggat waktu, dan merasakan semangat dan euforia ketika memperoleh hasil yang menggembirakan di setiap pencapaian yang membawa mereka lebih dekat dengan tujuan.

Attainable, menekankan bahwa target harus realistis dan dapat dicapai. Target tidak boleh dibuat terlalu mudah (untuk performa standar tim anda), tapi juga tidak boleh terlalu sulit sehingga terasa mustahil untuk dicapai. Target yang ditetapkan akan dapat dicapai apabila anda telah menentukan apa yang paling penting, lalu mampu membayangkan langkah-demi-langkah untuk mewujudkannya. Untuk itu, anda akan mengembangkan perilaku, kemampuan, keahlian, dan kapasitas finansial untuk mencapainya.

Realistic, menekankan pada pentingnya memilih target yang tepat. Seringkali anda membutuhkan dukungan dari berbagai pihak guna mencapai target sumber daya, masukan dari Champion, dan apapun yang bisa membantu meruntuhkan tembok penghalang. Target yang relevan untuk atasan anda, tim anda, dan organisasi anda akan mendapatkan dukungan yang anda butuhkan.

Target yang relevan apabila tercapai,maka akan mendorong tim, departemen, dan organisasi lebih maju. Sebuah target yang mendukung atau selaras dengan target-target lainnya akan dianggap sebagai target yang relevan. Timely menekankan pada pentingnya menepatkan target dengan kerangka waktu, yakni memberikan deadline pencapaian target. Komitmen kepada deadline akan membantu tim untuk tetap fokus menjalankan pekerjaan guna memenuhi target tepat waktu, atau bahkan lebih cepat.

Enjoyable, saat berjuang merealisasikan mimpi besar tersebut harus dilakukan dengan perasaan senang, tidak ada keterpalsaam sama sekali. segala nya dikerjakan untuk mendapatkan ridha Allah semata

Repeatedly, semua program dilakukan secara bersama-sama dalam sebuah teamwork secara berulang-ulang samapai target mimpi tercapai


Ini merupakan bagian dari filosofi SMARTER yang melindungi target dari serangan krisis sehari-hari yang biasa terjadi dalam organisasi. Target dengan tenggat waktu akan menimbulkan urgensi.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Terimakasih telah mengunjungi blog kami di Magnet Solusi Integra.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMARTER

Mimpi besar insya Allah dapat terwujud bila memenuhi konsep SMARTER Beberapa orang menganggap bahwa smart disamakan dengan istilah KPI (Key ...